Sistem Perkuliahan

Status Mahasiswa/i, Status Alumnus, Ijazah, Gelar

A. Alumnus dan mahasiswa/i Kuliah Karyawan dan Program Reguler UNBAR memperoleh STATUS, BOBOT / MUTU, HAK AKADEMIK, serta IJAZAH yang SAMA.
B. Alumnus P2K UNBAR memperoleh gelar sebagaimana jenjang kuliah formal serta program studi/jurusan/bidang kemahirannya, serta memperoleh hak memanfaatkan gelarnya dan mempunyai hak utk meninggikan kuliah formal ke jenjang yg lebih tinggi.
C. Ijazah dan Transkrip Akademik (Transkrip Nilai) Kuliah Karyawan dan Program Reguler adalah SAMA. Serta pada Ijazah dan Transkrip tersebut, tidak tertulis apakah Alumnus P2K ataukah Alumnus Perkuliahan Reguler. Oleh karena P2K yaitu Program Reguler dgn jadwal studi dan peserta studi yang berbeda.

Sistem Kuliah formal

A. Kurikulumnya berdasarkan Sistem Kredit Semester (SKS), dan bobot / mutu kurikulumnya dibuat sedemikian rupa di samping berdasarkan ke kurikulum nasional, juga berdasarkan perkembangan pengetahuan, teknologi, serta seni, serta pentingnya terhadap kuliah formal lanjut ke jenjang studi yang lebih tinggi.
B. Alumnus Program S1 Kuliah Karyawan UNBAR juga sanggup aktif berperan-serta pada kelompok kerja; sanggup berkomunikasi dgn para pakar pada kelompok ilmu berbeda dan mengambil manfaat bantuan mereka; sanggup mengambil manfaat secara efektif sumber-sumber daya yg ada; sanggup memulai rintisan pembentukan unit kewirausahaan sesuai dgn bidang ilmunya, sanggup mengikuti perkembangan baru pada bidang kemahirannya, mengadakan penelitian, atau mengikuti program studi/jurusan di tingkat lebih lanjut.
C. Alumnus Program S1 Kuliah Karyawan UNBAR dipersiapkan menjadi Sarjana (S1) sesuai dgn program studi/jurusannya, yg bisa meningkatkan kualitas dirinya dengan berbekal ilmu, teknologi, dan seni, agar sanggup memecahkan persoalan sekaligus meningkatkan pengetahuannya.
D. Kompetensi alumnusnya dalam rangka menangani tiap persoalan, sanggup mengungkap struktur dan inti problematik dan menetapkan prioritas tahapan-tahapan pemecahan jalan keluarnya; mengetahui serta dapat mengambil manfaat kegunaan teknologi informasi; bisa mengambil manfaat ilmu; cakap dan terampil sebagaimana bidang keilmuannya; dapat memecahkan persoalan secara logika, mengambil manfaat data/informasi yg diberikan; bisa memanfaatkan konsep-konsep utk menerangkan hal-hal yg tidak/kurang jelas; sanggup mandiri di dalam bekerja serta berupaya.
E. Bila mahasiswa/i kuliah karyawan tidak lulus suatu mata ajaran, bisa memperbaikinya di periode atau tahun berikutnya tanpa dikenakan biaya tambahan.
F. Kompetensi dasar alumnus Program S1 Kuliah Karyawan UNBAR adalah mendapatkan bobot / mutu dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis dan moral; sanggup menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa pengetahuan sepanjang masa maju serta berkembang; sanggup menelusuri dan memiliki informasi ilmiah; mengetahui cara serta bisa sepanjang masa belajar.
G. Selain diberi keahlian bekerjasama di dalam tim, Alumnus Kuliah Karyawan UNBAR, demikian juga diperlengkapi keahlian utk memahami ilmu terhadap etika, diperlengkapi pengetahuan, etika akademik serta profesi, keahlian utk mengambil manfaat teknologi informasi dan komunikasi utk kebutuhannya, keahlian memahami pengetahuan sesuai dgn bidang kemahirannya, sekaligus diberi keahlian serta kecakapan utk mengelola tim/organisasi secara komprehensif pada bidang yg sebagaimana bidang keilmuannya.
H. Utk mahasiswa/i kuliah karyawan yang mempunyai pekerjaan dengan sistem peralihan waktu (shift), tetap bisa mengikuti studi dgn baik. Oleh karena sistem kuliah formalnya dilaksanakan dengan kepiawaian tinggi dengan melakukan perpaduan antara Program Kuliah Karyawan dan Program Reguler, oleh karenanya utk mhs yg berkarir dengan sistem peralihan waktu (shift) dapat mengikuti studi di program lainnya dgn prosedur tertentu.
I. Alumnus Program Kuliah Karyawan UNBAR memperoleh keahlian profesional dan cara pandang yg komprehensif; mempunyai kemampuan penguasaan teori yg kuat sekaligus penerapannya; sanggup meningkatkan kajian-kajian teoritis konsepsional terkini; sanggup menaikkan sikap mental kompeten & ahli yang berorientasi pd penanganan jalan keluar problematik berdasarkan alur berpikir-sistem; dan memperoleh keahlian melakukan berbagai penelitian dasar dan terapan.
J. Sistem kuliah formalnya dilaksanakan secara profesional & kompeten dan cocok bagi karyawan yang sibuk dengan pekerjaannya dan utk yg belum bekerja. Selain perkuliahan secara tatap muka berhadapan langsung dng dosen pengajar, demikian juga mengambil manfaat berbagai metode efektif melalui tugas individual terarah, tugas kelompok yg komunikatif, dan diakhiri dengan bimbingan pengerjaan skripsi (S1) / tugas akhir yang terarah, terprogram serta terjadwal agar mahasiswa/i bisa menuntaskan studi tepat waktu.
K. Utk mahasiswa/i kuliah karyawan yang sudah berkarir diberi ijin tidak menghadiri pelajaran/perkuliahan pada beberapa pertemuan, bila mhs tersebut mendapat tugas lembur, atau kerja dengan sistem peralihan waktu (shift), kerja ke luar kota/negeri, dgn melalui prosedur tertentu.

Admin

Admin

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt labored et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

Share This Post